Ini pengalaman pertama saya mencairkan kiriman uang dari luar negeri via Moneygram, sebelumnya saya biasa mencairkan pengiriman uang via Western Union. Untuk mencairkan uang via WU cukup di kantor pos dengan melampirkan fotokopi KTP 1 lembar dan PIN. Proses pencairan WU cepat dan selama ini tidak ada hambatan berarti. Nama saya di KTP ada embel-embel gelar, tapi saat pencairan WU hal itu tak menjadikan masalah.
Dari hasil browsing, moneygram dapat dicairkan di bank BCA, Mega dan CIMB Niaga yang menyertakan logo moneygram. Sama seperti WU, bukti yang disertakan adalah fotokopi identitas diri dan PIN (reference number). Pertama, saya ke CIMB Niaga.... setelah antre dan diarahkan ke teller tertentu saya baru dilayani... tak lama, nama saya dipanggil, katanya nama penerima tidak sama dengan ID card.
Saya pikir... oh mungkin gelar.... saya pulang ambil paspor (SIM saya juga ada gelar di belakang nama).
Kembali saya ke bank... kebetulan bank Mega, BCA berjejeran. Saya singgah dulu di Bank Mega dengan logo Moneygram terpampang di papan dan pintu masuk. Satpam menanyakan keperluan saya, lalu lanjut ke teller.... satpam kembali ke saya dan bilang : maaf, kami belum bisa melayani moneygram.
Ok.... saya berjalan ke BCA di gedung sebelah. Di pintu dan plank juga tertera Moneygram dan Firecash.... Oleh satpam saya diminta langsung antre ke teller. Saat tiba giliran saya.... teller bilang : maaf koneksi moneygram sedang trouble.
Akhirnya saya kembali lagi ke CIMB Niaga semula... saat ini saya menyertakan paspor sebagai ID card. Ternyata lagi-lagi keterangannya nama pengirim dan penerima tidak sama. Duhhhhh
Saya pun pulang lagi dan mengontak pengirim dana untuk mengirimkan saya resi pengiriman dana.
Setelah email saya terima, saya print bukti itu dan saya pergi lagi ke bank CIMB Niaga tapi cabang yang lain....
Sekali lagi saya menulis blanko moneygram.... di cabang yang ini, saya juga menyertakan print out resi pengiriman dana. Kalau di cabang yang ini, KTP saya tidak bermasalah walau ada embel-embel gelar di belakang nama saya.... tapi katanya ada penambahan middle nama 1 huruf di nama pengirim dan nama penerima.... Alamakkkkkkk...... gagal lagi, dan saya sudah kecapean banget mondar mandir begini.
Mungkin kalau semua data klop, tidak begini ceritanya.
4 hari kemudian, saya akhirnya mendapatkan PIN baru setelah pengirim dana memperbaiki kekeliruan nama. Mengapa harus menunggu 4 hari? karena menunggu refund dana dari moneygram ke pengirim dulu baru kekeliruan data dapat diperbaiki oleh pengirim dana.
Setelah saya cek, tidak ada kekeliruan. Baru saya ke CIMB Niaga lagi untuk mencairkan moneygram. Di sana saya mengisi data isian, menyertakan KTP asli dan 1 lembar fotokopi. Oleh teller saya diminta duduk menunggu. Untung disuruh duduk, karena lama... sekitar 15-20 menit akhirnya dana itu bisa saya terima.
Jadi, beda layanan moneygram dengan western union adalah di kecepatan pengambilan dana. WU lebih cepat dan agen pos yang menerima layanan WU juga lumayan banyak.
Dari hasil browsing, moneygram dapat dicairkan di bank BCA, Mega dan CIMB Niaga yang menyertakan logo moneygram. Sama seperti WU, bukti yang disertakan adalah fotokopi identitas diri dan PIN (reference number). Pertama, saya ke CIMB Niaga.... setelah antre dan diarahkan ke teller tertentu saya baru dilayani... tak lama, nama saya dipanggil, katanya nama penerima tidak sama dengan ID card.
Saya pikir... oh mungkin gelar.... saya pulang ambil paspor (SIM saya juga ada gelar di belakang nama).
Kembali saya ke bank... kebetulan bank Mega, BCA berjejeran. Saya singgah dulu di Bank Mega dengan logo Moneygram terpampang di papan dan pintu masuk. Satpam menanyakan keperluan saya, lalu lanjut ke teller.... satpam kembali ke saya dan bilang : maaf, kami belum bisa melayani moneygram.
Ok.... saya berjalan ke BCA di gedung sebelah. Di pintu dan plank juga tertera Moneygram dan Firecash.... Oleh satpam saya diminta langsung antre ke teller. Saat tiba giliran saya.... teller bilang : maaf koneksi moneygram sedang trouble.
Akhirnya saya kembali lagi ke CIMB Niaga semula... saat ini saya menyertakan paspor sebagai ID card. Ternyata lagi-lagi keterangannya nama pengirim dan penerima tidak sama. Duhhhhh
Saya pun pulang lagi dan mengontak pengirim dana untuk mengirimkan saya resi pengiriman dana.
Setelah email saya terima, saya print bukti itu dan saya pergi lagi ke bank CIMB Niaga tapi cabang yang lain....
Sekali lagi saya menulis blanko moneygram.... di cabang yang ini, saya juga menyertakan print out resi pengiriman dana. Kalau di cabang yang ini, KTP saya tidak bermasalah walau ada embel-embel gelar di belakang nama saya.... tapi katanya ada penambahan middle nama 1 huruf di nama pengirim dan nama penerima.... Alamakkkkkkk...... gagal lagi, dan saya sudah kecapean banget mondar mandir begini.
Mungkin kalau semua data klop, tidak begini ceritanya.
4 hari kemudian, saya akhirnya mendapatkan PIN baru setelah pengirim dana memperbaiki kekeliruan nama. Mengapa harus menunggu 4 hari? karena menunggu refund dana dari moneygram ke pengirim dulu baru kekeliruan data dapat diperbaiki oleh pengirim dana.
Setelah saya cek, tidak ada kekeliruan. Baru saya ke CIMB Niaga lagi untuk mencairkan moneygram. Di sana saya mengisi data isian, menyertakan KTP asli dan 1 lembar fotokopi. Oleh teller saya diminta duduk menunggu. Untung disuruh duduk, karena lama... sekitar 15-20 menit akhirnya dana itu bisa saya terima.
Jadi, beda layanan moneygram dengan western union adalah di kecepatan pengambilan dana. WU lebih cepat dan agen pos yang menerima layanan WU juga lumayan banyak.